Alam adalah salah satu factor terpenting pengembangan pola pikir
anak dalam masa pertumbuhan. Dalam masa pertumbuhan memori anak di fase umur
tertentu hanya merekam segala sesuatu yang dilihat,dirasakan,dan didengarnya
kemudian ditiru tanpa dipikirkan kembali, tidak peduli itu baik ataupun buruk. Alam
disini merupakan lingkungan yang ada disekitar anak itu sendiri seperti, orang
tua, kerabat, tetangga, teman bermain dsb. Bahkan pekerjaan yang dilakukan oleh
orang disekitarnyapun sangat berpengaruh bagi perkembangan pola piker anak
tersebut jangankan pekerjaan benda-benda disekitarnya juga ikut andil dalam
mempengaruhi kehidupannya.Oleh sebab itu pendidikan dasar berbasis alam sangat
diperlukan untuk membantu mendidik anak agar berkembang dengan baik.
Menurut Quintilian, tujuan pendidikan adalah
membentuk karakter tertentu pada seseorang. Ia mengharapkan,
bahwa pendidikan hendaknya menghasilkan manusia baik yang terampilberbicara(“a god man skilled in speaking)
Di Indonesia sudah mulai banyak lembaga-lembaga yang
menggunakan metode pendidikan dasar berbasis alam atau sering disebut back to
nature atau sekolah alam. Metode pendidikan ini didasari oleh pendidikan yang dilakukan
dengan mengajak anak dalam suasana yang sesungguhnya melalui alam lingkungan
sekitar mereka yang nyata.
Menurut salah satu filsuf pendidikan Jan Lighthart
dasar utama pengajaran adalah lingkungan di sekitar anak. Model pengajaran
seperti ini akan merangsang keaktifan anak dalam mengamati, menyelidiki serta
mempelajari lingkungan.
Sepintar-pintarnya manusia sesukses-suksesnya manusia mereka yang
mengenal dan belajar dari alam
lingkungannya.
0 komentar:
Post a Comment