A. Hadis Tentang Manisnya Imam.
وعن انس عن النبي صم
قال: ثلاث من كن فيه وجد بهن حلاوة الايمان : ان يكون الله ورسوله احب اليه مما
سواهما, وان يحب المرء لايحبه الا لله, وان يكره ان يعود في الكفر بعد ان انقده
الله منه كما يكره ان يكره ان يقدف في النار. (متفق عليه)
Dari Anas, dari Nabi SAW beliau bersabda: "Tiga hal, barangsiapa memilikinya maka ia akan merasakan manisnya iman. (yaitu) menjadikan Allah dan Rasul-Nya lebih dicintai dari selainnya, mencintai seseorang semata-mata karena Allah, dan benci kembali kepada kekufuran sebagaimana bencinya ia jika dilempar ke dalam api neraka."
Dari penjelasan hadist di atas dapat disimpulkan adaTiga tanda manisnya
Iman. Sebagaimana hadis Nabi, antara lain
yaitu :
Pertama, golongan yang mencintai Allah dan Rasul-Nya melebihi
kecintaannya kepada apapun juga.
Kedua, golongan yang bila mencintai atau menyukai seseorang hanya atas
dasar karena dia cinta kepada Allah Swt.
Ketiga, golongan yang sangat membenci pada kekafiran.
Berikut ini penjelasan tentang hadist manisnya iman.
قَالَ ثَلاَثٌ مَنْ كُنَّ فِيهِ وَجَدَ حَلاَوَةَ الإِيمَانِ
Tiga hal, barangsiapa memilikinya maka ia
akan merasakan manisnya iman
Dalam
hadits ini dipakai istilahحَلاَوَةُ الإِيمَانِ (manisnya
iman). Dalam ilmu balaghah, istilah seperti ini disebut isti'arah takhyiliyyah,
yaitu majaz (kiasan) yang dibangun dari tasybih (penyerupaan) imajinasi.
Semacam majas metafora dalam bahasa Indonesia. Bahwa iman itu terasa manis.
Menurut Ibnu Hajar Al-Asqalani dalam Fathul Bari, ini mengindikasikan bahwa tidak semua orang bisa merasakannya. Sebagaimana manisnya madu hanya akan dirasakan oleh orang yang sehat, sedangkan orang yang sakit kuning tidak mampu merasakan manisnya. Demikian pula manisnya iman. Ia hanya didapatkan oleh orang-orang yang imannya "sehat". Diantaranya adalah yang memenuhi kriteria yang disebutkan dalam penggalan hadist berikutnya.
Menurut Ibnu Hajar Al-Asqalani dalam Fathul Bari, ini mengindikasikan bahwa tidak semua orang bisa merasakannya. Sebagaimana manisnya madu hanya akan dirasakan oleh orang yang sehat, sedangkan orang yang sakit kuning tidak mampu merasakan manisnya. Demikian pula manisnya iman. Ia hanya didapatkan oleh orang-orang yang imannya "sehat". Diantaranya adalah yang memenuhi kriteria yang disebutkan dalam penggalan hadist berikutnya.
Manisnya
iman (حَلاَوَةُ الإِيمَانِ)
juga mengingatkan kita ibarat pohon, iman itu memiliki buah manisnya bisa
dirasakan oleh seorang mukmin. Tentu saja pohon baru bisa berbuah ketika
akarnya teguh dan pohonnya kuat. Jadi ia tidak mudah dirasakan oleh setiap
orang.
Sebagian
ulama menjelaskan bahwa yang dimaksud dengan manisnya iman (حَلاَوَةُ الإِيمَانِ)
merasakan lezatnya ketaatan dan memiliki daya tahan menghadapi rintangan dalam
menggapai ridha Allah, lebih mengutamakan ridha-Nya dari pada kesenangan dunia,
dan merasakan lezatnya kecintaan kepada Allah dengan menjalankan perintah-Nya
dan menjauhi larangan-Nya.
أَنْ يَكُونَ اللَّهُ وَرَسُولُهُ أَحَبَّ
إِلَيْهِ مِمَّا سِوَاهُمَا
Menjadikan Allah dan Rasul-Nya lebih dicintai dari selainnya
Inilah hal
pertama yang membuahkan manisnya iman: mencintai Allah dan Rasul-melebihi
selainnya. Seorang mukmin haruslah menyempurnakan cintanya kepada Allah dan
Rasul-Nya, baru ia mendapati manisnya iman. Cinta kepada Allah dan Rasul-Nya
tidak cukup hanya sekedarnya, tetapi harus melebihi dari yang selainnya.
Manusia akan merasakan kebahagiaan besar ketika sedang mencintai. Maka manisnya iman menjadi buah yang dirasakan seorang mukmin ketika ia mencintai Allah dan Rasul-Nya dengan sempurna. Inilah yang menjelaskan mengapa Bilal sanggup menahan panasnya pasir dan terik surya, beratnya batu yang menindihnya, serta hinaan menyakitkan Umayyah dan kawan-kawannya. Dalam kondisi demikian, Bilal tetap melantunkan manisnya iman melalui lisannya: "ahad, ahad..."
Manusia akan merasakan kebahagiaan besar ketika sedang mencintai. Maka manisnya iman menjadi buah yang dirasakan seorang mukmin ketika ia mencintai Allah dan Rasul-Nya dengan sempurna. Inilah yang menjelaskan mengapa Bilal sanggup menahan panasnya pasir dan terik surya, beratnya batu yang menindihnya, serta hinaan menyakitkan Umayyah dan kawan-kawannya. Dalam kondisi demikian, Bilal tetap melantunkan manisnya iman melalui lisannya: "ahad, ahad..."
وَأَنْ يُحِبَّ الْمَرْءَ لاَ يُحِبُّهُ
إِلاَّ لِلَّهِ
Dan mencintai
seseorang semata-mata karena Allah
Jika
kecintaannya kepada Allah adalah yang pertama dan tidak boleh terkalahkan oleh
selainnya, demikian pula Rasulullah sebagai yang paling dicintai, bukan berarti
kita diperkenankan mencintai sesama. Cinta itu fitrah. Maka mencintai kedua
orang tua, anak, saudara,sahabat, dan sesama mukmin juga dibutuhkan. Dan
tatkala cinta itu karena Allah semata, maka iman akan manisnya iman dapat
dirasakan.
Generasi pertama umat ini adalah generasi yang sukses
dalam membina cinta karena Allah ini. Maka dengan cinta lillah, suku Aus dan
Khazraj yang semula bermusuhan menjadi bersaudara di bawah satu bendera: Ansar.
Pada saat itu, mereka merasakan manisnya iman. Lalu, muhajirin dan anshar yang
belum pernah bersua pun, tiba-tiba menjadi saling berbagi. Membagi harta
menjadi dua, membagi kebun dan rumah agar bisa sama-sama hidup layak dalam
perjuangan bersama. Pada saat itu, mereka merasakan manisnya iman.
وَأَنْ يَكْرَهَ أَنْ يَعُودَ فِى الْكُفْرِ
كَمَا يَكْرَهُ أَنْ يُقْذَفَ فِى النَّارِ
Dan benci kembali kepada kekufuran sebagaimana bencinya ia jika
dilempar ke dalam api neraka
Dalam riwayat
Muslim, redaksi hadits tentang manisnya iman (حَلاَوَةُ
الإِيمَانِ) ini pada poin ketiga berbunyi :
وَأَنْ يَكْرَهَ أَنْ يَعُودَ فِي الْكُفْرِ
بَعْدَ أَنْ أَنْقَذَهُ اللَّهُ مِنْهُ كَمَا يَكْرَهُ أَنْ يُقْذَفَ فِي النَّارِ
Dan benci kembali kapada kekufuran setelah diselamatkan oleh Allah,
sebagaimana kebenciannya dilempar ke dalam api neraka.
Dan itulah yang, lagi-lagi, kita dapati pada generasi
sahabat Nabi. Maka ketika Sayyid Quthb memotret tiga karakter sahabat yang
menjadi faktor utama keberhasilan mereka, salah satunya ia catat: "Saat
mereka masuk Islam dan mendapat Al-Qur'an seketika mereka melepas seluruh
kejahiliyahan"
Rasulullah SAW dalam berbagai kesempatan juga mengingatkan para sahabat agar jangan sampai kembali kepada kejahiliyahan, meskipun hanya sebagian sifatnya. Maka Rasulullah mengingatkan kaum Anshar ketika hampir saja mereka bermusuhan kembali antara suku Aus dan Khazraj seperti perang bu'ats. Rasulullah juga pernah mengingatkan Abu Dzar tatkala berselisih dengan Bilal lalu mencelanya dengan nada sentimen kesukuan. "Sungguh dalam dirimu ada perilaku jahiliyah" tegur Rasulullah yang selalu dikenang Abu Dzar. Dan sejak saat itu ia lebih mencintai dan menghormati Bilal.
Rasulullah SAW dalam berbagai kesempatan juga mengingatkan para sahabat agar jangan sampai kembali kepada kejahiliyahan, meskipun hanya sebagian sifatnya. Maka Rasulullah mengingatkan kaum Anshar ketika hampir saja mereka bermusuhan kembali antara suku Aus dan Khazraj seperti perang bu'ats. Rasulullah juga pernah mengingatkan Abu Dzar tatkala berselisih dengan Bilal lalu mencelanya dengan nada sentimen kesukuan. "Sungguh dalam dirimu ada perilaku jahiliyah" tegur Rasulullah yang selalu dikenang Abu Dzar. Dan sejak saat itu ia lebih mencintai dan menghormati Bilal.
No comments:
Post a Comment